Find us on Google+ Find us on Google+
4:34 pm - Friday December 19, 2014

APA itu Obat Neulin PS Kapsul?

Share this via

Obat Neulin PS Kapsul

Komposisi :
Tiap kapsul mengandung
Choline Citrate 147,5 mg
Phosphatidylserine 20% 125 mg
Cytidine Monophosphate 121,5 mg

Uraian :
Choline adalah prekursor untuk phosphatidylcholine, sphingomyelin, asetilkolin dan betaine yang merupakan donor metil. Oleh karena itu, choline penting untuk menyusun dan memperbaiki membran sel yang normal, serta untuk fungsi otak yang normal. Asetilkolin adalah salah satu dari neurotransmiter utama dan membutuhkan choline untuk sintesisnya.

Nukleotida cytidine turut serta dalam metabolisme fosfolipid di dalam otak. Peningkatan kadar cytidine menstimulasi sintesis phosphatidylcholine dan phosphatidylethanolamine membran di dalam sel-sel otak. Peningkatan konsentrasi cytidine dapat membantu memperbaiki aktivitas neuron.

Phosphatidylserine di dalam neuron terutama penting untuk mengaktifkan kinase tertentu, yaitu protein kinase C yang sangat penting dalam proses pembelajaran dan memori.

Choline diabsorbsi dari usus halus dan diangkus ke hati melalui sirkulasi portal. Choline diangkut melewati sawar darah otak melalui mekanisme pembawa yang spesifik.

Nukleotida cytidine monophosphate akan dihidrolisis didalam tubuh oleh enzim-enzim alkaline posphatase dan nukleosidase menjadi nukleosida cytidine.

Masih sedikit yang dijetahui tentang farmakokinetik phosphatidylserine oral pada manusia. Pada studi hewan (tikus), terlihat adanya pencernaan phosphatidylserine yang luas di usus halus, menghasilkan antara lain, lysophosphatidylserine, yaitu suatu zat yang hanya mengandung satu asam lemak, dan phosphatidylethanolamine.

Setelah absorpsi, lysophosphatidylserine dimetabolisme dalam sel mukosa saluran cerna dan metabolitnya yang termasuk beberapa lysophosphatidylserine memasuki saluran limfe usus halus. Jumlah yang mencapai otak setelah pemberian secara oral, sangat sedikit. Hampir seluruh efek perilaku dan neurokimiawi tampak hanya setelah pemberian berulang lysophosphatidylserine oral.

Kegunaan :
Memelihara Kesehatan

Kontraindikasi :
Hipersensitivitas terhadap komponen yang terdapat di dalam sediaan.

Aturan Pakai :
Digunakan 1-2 kapsul per hari

Peringatan dan perhatian :
- Penderita trimethyluria genetik primer (defisiensi enzim yang diturunkan), pasien dengan beberapa tipe penyakit hati tertentu yang disebabkan oleh virus hepatitis atau penyebab lainnya dapat mengalami fishy body odor ketika menggunakan suplemen choline. Asupan choline harus dibatasi pada kasus-kasus ini.

- Karena kurangnya studi keamanan jangka panjang, maka penggunaan pada anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui harus dihindari.

- Pasien dengan antiphospholipid – antibody syndrome harus hati-hati menggunakan phosphatidylserine dan hanya menggunakannya di bawah pengawasan dokter.

Efek samping :
- Dosis yang lebih tinggi berhubungan dengan fishy body odor

- Penggunaan choline dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan keringat yang berlebih dan hipotensi.

- Kadang-kadang efek samping saluran cerna yang dapat terjadi, seperti nausea dan nyeri abdomen setelah makan, pernah dilaporkan.

Interaksi Obat :
Methotrexate dapat mengurangi penyimpanan dari semua metabolit choline. Oleh karena itu individu yang menggunakan methotrexate mungkin akan mengalami peningkatan kebutuhan choline.

Overdosis :
Tidak ada laporan tentang overdosis

Kemasan dan nomor registrasi
Kotak 5 strip @ 6 kapsul, POM SD 091 335 831
Simpan pada suhu dibawah 30 derajat dan terlindung dari cahaya.
Diproduksi oleh DEA MEDICA Palembang – Indonesia.
Untuk PT Ferron Par Pharmaceuticals, Cikarang – Indonesia

Social Media
Share this via
Filed in: Health and Beauty, Info Product

Comments are closed.